Pages

Thursday 2 October 2014

FENOMENA WARUNG INTERNET


Warung Internet atau yang biasa kita sebut warnet adalah salah satu tempat yang menyediakan layanan akses internet bagi siapapun yang membutuhkan akses internet terjangkau. Warnet mulai berkembang pada tahun '97 -'98an. fasilitas ini juga sempat menurun dan meredup sejak munculnya teknologi internet dalam genggaman alias ponsel yang bisa untuk mengakses internet. Apalagi dengan lahirnya smartphone jg banyak menjadi kambing hitam meredupnya warnet karena layanan-layanan koneksi dari provider telepon seluler yang bersaing.

pada tahun 2014 ini saya melakukan pengamatan di salah satu warnet di kota Malang Jawa Timur tepatnya di dekat Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Kedokteran. Pikiran saya ditepis dengan ramainya warnet tersebut, sempat terbersit beberapa pertanyaan yang muncul untuk menyelidikinya. Salah satu  pegawai mengatakan “ banyak anak kecilnya mas di sini”. Kata aris. Lhoh, kok anak kecil? Tambah rasa ingin tahu saya. Ternyata si pemilik warnet punya banyak inovasi, salah satunya dengan menyediakan fasilitas untuk anak-anak yaitu game, yang ramai diminati adalah game online, tidak mau kalah orang dewasa pun ikut serta di dalamnya.
Karena warnet  ini dirikan persis di dekat institusi pendidikan yaitu universitas, tentu tidak heran jika tempat ini selalu ramai dengan kalangan mahasiswa. Mereka banyak menggunakan fasilitas ini untuk sekedar mengerjakan tugas yang membutuhkan internet.
Tidak hanya berhenti di sini saja inovasi warnet ini, hotspot pun bisa di jual di sini, dan konsumennya pun rata-rata mahasiswa. Yang membuat saya bingung, bukannya di universitas sudah ada hotspot ya? Mungkin saja koneksinya tidak terjangkau dari indekostnya jadinya beli yang dapat dijangkau koneksinya. Harga paket hotspot juga pas di kantong mahasiswa yaitu hanya Rp5000 untuk sehari penuh 24jam dengan koneksi yang memuaskan, dan Rp20.000 untuk satu minggu. Tarif warnetnya juga sangat terjangkau yaitu 2500 untuk perjamnya.
Jadi kesimpulannya, WARNET adalah fasilitas pendukung masyarakat untuk mempermudah dalam mengakses internet. Dan pelajaran berharga untuk pebisnis adalah bagaimana pintar-pintarnya untuk menentukan ceruk pasar sebagai tujuan bisnisnya, sebagai contoh adalah warnet.
Sekian pembahasan tentang warnet. SAMPAI JUMPA


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi